Sabtu, 22 Oktober 2011

Penjelasan Mengenai Fenomana Dejavu

Ini adalah pengalaman yang menakutkan bahwa hampir setiap orang telah memiliki lebih dari sekali: Anda masuk ke kamar atau menemukan diri dalam percakapan, dan tiba-tiba Anda memiliki rasa yang luar biasa - meskipun Anda tahu tidak mungkin itu - bahwa Anda sudah pernah ke sini . Psychologists call it déjà vu--"already seen," in French--but despite the phenomenon's universal familiarity, no one has offered a convincing explanation for why it happens. Psikolog menyebutnya déjà vu - "sudah terlihat," dalam bahasa Prancis - tetapi meskipun keakraban fenomena
universal, tidak ada yang telah menawarkan penjelasan yang meyakinkan untuk mengapa hal itu terjadi.
But the mystery may have been solved, by a team of neuroscientists at MIT's Picower Institute for Learning and Memory. Tapi misteri mungkin telah dipecahkan, oleh tim ahli saraf di MIT Picower Institut untuk Belajar dan Memori. Researcher Thomas McHugh and several colleagues have uncovered a specific memory circuit in the brains of mice that is probably the cause of this weird sensation, which turns out to be a sort of memory-based analogue of an optical illusion. Peneliti Thomas McHugh dan beberapa rekan telah menemukan sebuah sirkuit memori tertentu di otak tikus yang mungkin adalah penyebab sensasi aneh, yang ternyata menjadi semacam memori berbasis analog dari ilusi optik. Although neuroscientists have realized for some time that memory is made up of many different components--long and short term, episodic (that is to say, memories of events) and fact based, and that it takes place in different parts of the brain--McHugh's research, first reported in the online edition of Science, adds another intriguing clue to the phenomenon. Meskipun ahli saraf telah menyadari untuk beberapa waktu bahwa memori terdiri dari berbagai komponen - jangka panjang dan pendek, episodik (artinya, kenangan peristiwa) dan fakta berbasis, dan bahwa itu terjadi di berbagai bagian otak- penelitian-McHugh 's, pertama kali dilaporkan dalam edisi online Science, menambahkan petunjuk lain yang menarik untuk fenomena tersebut.
McHugh and his team were trying to untangle the neurological circuitry of the hippocampus, a region of the brain where new memories are formed. McHugh dan timnya berusaha untuk melepaskan sirkuit neurologis dari hippocampus, suatu wilayah otak di mana kenangan baru terbentuk. Neuroscientists know memories are actually groups of brain cells linked by especially strong chemical connections; recalling a memory involves finding and activating a specific group. Ahli saraf tahu kenangan sebenarnya kelompok sel otak yang dihubungkan oleh koneksi kimia terutama yang kuat; mengingat memori melibatkan menemukan dan mengaktifkan kelompok tertentu. It's important for the brain to know some memories are similar to each other--the pleasure of eating raspberries is much like that of eating strawberries, for example. Sangat penting bagi otak untuk mengetahui beberapa kenangan yang mirip satu sama lain - kenikmatan makan raspberry jauh seperti stroberi makan, misalnya. But it's also important to be able to distinguish memories that are similar but not identical--eating another kind of red berry could make you sick. Tapi itu juga penting untuk dapat membedakan kenangan yang serupa tetapi tidak identik - makan jenis lain dari berry merah bisa membuat Anda sakit. This ability is known as pattern separation. Kemampuan ini dikenal sebagai pola pemisahan.
McHugh's senior colleague Susumu Tonegawa, a Nobel laureate for his work on the genetics of immunity, had uncovered a related mechanism, called pattern completion, several years ago. Senior rekan McHugh yang Susumu Tonegawa, seorang pemenang Nobel untuk karyanya tentang genetika kekebalan, telah menemukan mekanisme yang terkait, yang disebut penyelesaian pola, beberapa tahun yang lalu. That enables you to retrieve complete memories based on just a single cue--for example, the question "Did we go to school together?" Yang memungkinkan Anda untuk mengambil kenangan lengkap berbasis hanya pada isyarat tunggal - misalnya, pertanyaan "Apakah kita pergi ke sekolah bersama-sama?" He and McHugh suspected, based on this earlier work, that they could identify the specific gene that regulated pattern separation. Dia dan McHugh dicurigai, berdasarkan pekerjaan sebelumnya, bahwa mereka bisa mengidentifikasi gen spesifik yang diatur pola pemisahan.
So they used genetic engineering to create a mouse without this crucial gene and devised an experiment to test the hypothesis. Jadi mereka menggunakan rekayasa genetika untuk menciptakan mouse tanpa gen ini penting dan merancang percobaan untuk menguji hipotesis. The mice were guided into a box where they would get a mild foot shock; they would react by freezing. Tikus-tikus dipandu ke dalam kotak di mana mereka akan mendapatkan kejutan kaki ringan, mereka akan bereaksi dengan membekukan. Then they were guided into a very similar box with no shock. Kemudian mereka dibimbing ke dalam kotak yang sangat mirip dengan syok tidak. The altered mice would freeze in the safe box as well, and it took them a long time to figure out the difference. Tikus-tikus diubah akan membeku dalam kotak yang aman juga, dan itu membawa mereka waktu yang lama untuk mengetahui perbedaannya. Normal mice figured it out pretty quickly. Tikus normal figured it out cukup cepat.
It's also this circuit, the scientists are convinced, that explains déjà vu. Ini juga sirkuit ini, para ilmuwan yakin, yang menjelaskan déjà vu. Every so often, they believe, the pattern-separation circuit misfires, and a new experience that's merely similar to an older one seems identical. Setiap begitu sering, mereka percaya, yang salah arah pola sirkuit-pemisahan, dan pengalaman baru yang hanya mirip dengan yang lebih tua tampaknya identik. "It doesn't happen very often to most people," Tonegawa says. "Ini tidak terjadi terlalu sering untuk kebanyakan orang," kata Tonegawa. Intriguingly, some people with epilepsy have this experience all the time. Menariknya, beberapa orang dengan epilepsi memiliki pengalaman ini sepanjang waktu. "Epileptic seizures involve random firing of neurons in the temporal lobes, which include the hippocampus," he says, and that could scramble the circuit. "Kejang epilepsi melibatkan tembakan neuron yang acak di lobus temporal, yang meliputi hippocampus," katanya, dan itu bisa berebut sirkuit.
But people with epilepsy-induced déjà vu usually don't experience the same disturbing eeriness that's so common in others. Tetapi orang-orang dengan epilepsi-diinduksi déjà vu biasanya tidak mengalami keseraman mengganggu sama yang begitu umum pada orang lain. And that difference supports McHugh and Tonegawa's theory as well. Dan perbedaan yang mendukung teori McHugh dan Tonegawa juga. "We suspect that the strange feeling comes from a conflict between two parts of the brain," Tonegawa says. "Kami menduga bahwa perasaan aneh berasal dari konflik antara dua bagian otak," kata Tonegawa. "The neocortex is aware of the fact that you've never been in a situation before. The hippocampus is telling you that, yes, you have." "Neokorteks menyadari kenyataan bahwa Anda belum pernah dalam situasi sebelum Hippocampus adalah memberitahu Anda bahwa, ya, Anda memiliki.."
As basic research scientists, Tonegawa and McHugh don't claim that their work will lead to a drug or therapy--not yet. Sebagai ilmuwan penelitian dasar, Tonegawa dan McHugh tidak mengklaim bahwa pekerjaan mereka akan menyebabkan obat atau terapi - belum. And if it does, nobody is likely to focus on déjà vu, a mere side effect of memory. Dan jika tidak, tidak ada orang yang cenderung berfokus pada deja vu, efek samping belaka memori. But a fuller understanding of how the hippocampus works could lead to the creation of a drug that strengthens the pattern-recognition circuit, which could help people overcome fearful memories that are triggered by associations with a familiar-seeming place (like a dentist's office). Tapi pemahaman yang lebih lengkap tentang bagaimana hippocampus bekerja bisa mengarah pada penciptaan obat yang memperkuat rangkaian pengenalan pola, yang dapat membantu orang mengatasi kenangan ketakutan yang dipicu oleh asosiasi dengan tempat akrab-tampak (seperti kantor dokter gigi). Of course, if you strengthen the circuitry too much, you might get the opposite illusion: jamais vu, in which you get the eerie feeling that you've never been in a situation before even though you know otherwise. Tentu saja, jika Anda memperkuat sirkuit terlalu banyak, Anda mungkin mendapatkan ilusi sebaliknya: Jamais vu, di mana Anda mendapatkan perasaan ngeri bahwa Anda tidak pernah berada dalam situasi sebelum meskipun Anda tahu sebaliknya.

Read more: http://www.time.com/time/magazine/article/0,9171,1651507,00.html#ixzz1ba6ZWine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar